Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki sebuah legenda rakyat yang mengatakan bahwa setiap mahasiswa yang masuk ke dalam jurusan Teknik Informatika akan berubah menjadi seorang wibu.

Ada yang nanya soal itu di Twitter, dan ada juga yang balas bahwa memang kebanyakan anak-anak IT itu, ya, wibu. Bahkan, saya juga pernah ditanya oleh mahasiswa baru, apakah BINUS kampus Anggrek punya mesin pengharum ruangan untuk menghilangkan bau bawang di dalam kampus.

Sumber: Gatau sih, tapi pernah diposting di grup Telegram milik Kotakode

Tapi beneran, kenapa ya statement seperti itu masih saja populer di kalangan masyarakat dan pelajar di Indonesia? Apakah saya sendiri harus menjadi seorang wibu untuk diwisuda sebagai lulusan S1?

Saya sebenarnya sudah memulai investigasi ini sejak 2021. Dan akhirnya, saya menemukan beberapa fakta berikut ini:

Beberapa fakta tentang kewibuan mahasiswa IT.

Pertama, legenda ini tak hanya berlaku di Indonesia saja dan tak hanya mengenai menjadi wibu saja. Selain wibu, tak sedikit mahasiswa IT yang ujung-ujungnya menjadi seekor furry¹. Namun pada kesempatan ini saya akan lebih membahas soal dunia media fantasi Jepang yang lebih sering dipahami masyarakat awam di Indonesia.

Iya, ada banyak cara seorang mahasiswa IT dapat berubah dari pribadi yang “normal” alias normie menuju seorang wibu, misalnya karena saudara atau teman dekatnya sudah terekspos menjadi seorang wibu telah mengantarnya terlebih dahulu.

Tapi ada satu jalur yang jarang diekspos secara publik, yang tak disadari, telah dilalui jutaan mahasiswa baru di seluruh dunia, yang membuat mereka berujung menjadi para wibu.

Dan ternyata, kesalahpahaman banyak orang tentang dunia IT itu sendiri telah menjadi pendorong utama bagi mereka untuk merasa kesepian, menyendiri, mencari komunitas, dan akhirnya mengikatkan diri terhadap media Jejepangan tersebut.

Roadmap-nya cukup panjang, dari momen di mana mereka yang masih terlihat “normal” mulai dihadapkan dengan masalah dan keinginan dalam dunia IT, ditambah kesalahpahaman orang-orang lain tentang dunia IT dan bidang ilmu yang mereka pelajari. Saksikan videonya berikut ini:

¹ Pribadi antromorfisme, campuran antara manusia dan hewan berbulu seperti anjing, kucing, rubah, dan kelinci.


Thanks for reading this article! By the way, we’re also working on finishing these interesting posts. Revisit this site soon or follow us to see them once they’re published!

  • Udah mau setahun nih, apa kabar Leslar Metaverse?
  • Custom fonts for Misskey!
  • Twitter-active Cupertino productivity fan name needed!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

🆕 Webmentions

👋 This website supports Webmentions and WordPress Pingbacks, which is great because your website can be notified if someone else is sharing your content.

📝 That said, not every website supports this feature. If you have shared something from us and want your website to be listed here, feel free to add your link here. You can also add the same link if your content was updated or deleted.